tulisan berjalan

Selamat Datang Di Blog kusus Matematika...Disini kamu bisa menemukan media-media dan alat peraga pembelajaran Matematika.... Semoga Bermanfaat...

Jumat, 22 November 2013

Aplikasi Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika

Aplikasi Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika









Geogebra merupakan salah satu software pembelajaran matematika yang cukup handal. Geogebra dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran geometri, aljabar, kalkulus serta statistik.Software yang pertama kali  dikembangkan oleh Markus Hohenwarter ini dapat membuat media pembelajaran berupa lembar kerja yang dinamis (dynamic worksheet).Untuk menjalankan Geogebra diperlukan Java Runtime Environtment (JRE) . Aplikasi wajib buat  yang bergelut dalam bidang matematika nih...



Cara Membuat  LINGKARAN LUAR SEGITIGA 
 Langkah - langkah :
1.      Buat segitiga dengan menggunakan menu “Line between two points”
2.      Buat titik tengah dari dua sisi segitiga (minimal) dengan menggunakan menu “Mid point of center”
3.      Buat garis yang tegak lurus dengan titik-titik tengah (garis sumbu) yang tadi telah dibuat dengan menggunakan menu “Perpendicular bisector”
4.      Tentukan titik potong dari garis-garis yang tegak lurus (garis sumbu) dengan menggunakan menu “Intersect two object”
5.      Terakhir, buat lingkaran dengan titik pusat adalah titik potong garis-garis tegak lurus (garis sumbu) dengan menggunakan menu “Circle with through point”.
6.      Terbentuklah LINGKARAN LUAR SEGITIGA. 


 Cara Membuat LINGKARAN DALAM SEGITIGA 
 Langkah - langkah :
1.      Buat segitiga dengan menggunakan menu “Line between two points”
2.      Dari segitiga tersebut, buat garis bagi yang membagi dua sudut sama besar dengan menggunakan menu “Angle bisector”
3.      Tentukan titik potong dari garis bagi tersebut dengan menggunakan menu “Intersect two object”
4.      Terakhir, buat lingkaran dengan titik pusat adalah titik potong garis-garis bagi dengan menggunakan menu “Circle with through point”
5.      Terbentuklah LINGKARAN DALAM SEGITIGA.


Cara MENCARI LUAS DAERAH YANG SAMA 
 Langkah - langkah :  
1.      Buat persegi panjang dengan menggunakan menu “Segment Between Two Points”.
2.      Buat 2 buah garis yang memotong 2 bagian persegi panjang tidak sama besar dengan menggunakan menu “Segment Between Two Points”.
3.      Cari luas daerah AEFGD dengan menggunakan menu “Polygon”.
4.      Tarik garis dari titik E ke G dengan menggunakan menu “Segment Between Two Points”.
5.      Buat garis yang sejajar dengan garis EG melalui titik F dengan menggunakan menu “Parallel Line”.
6.      Cari titik yang berpotongan antara garis AB dan DC terhadap garis yang sejajar dengan garis EG, dengan menggunakan menu “Intersect Two Objets”.
7.      Tarik garis dari titik E ke I dengan menggunakan menu “Segment Between Two Points”.
8.      Lalu cari luas daerah AEID dengan menggunakan menu “Polygon”.
9.      Ternyata luas daerah AEFGD sama dengan AEID.




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar