ALAT PERAGA
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
(DIAGRAM
HERMAPRODITH)
A.
Alat Peraga
1. Bentuk dan Manfaat.
a.
a.
Manfaat
1)
Memudahkan
peserta didik untuk menyajikan data dalam bentuk diagram (batang/garis).
2)
Memudahkan
peserta didik dalam memahami dan membaca sajian data dalam bentuk diagram
(batang/garis).
3)
Memvisualisasikan
data sajian dalam bentuk diagram (batang/garis) pada tingkat yang lebih tinggi
(5 dimensi), sehingga menjadikan peserta didik jauh lebih tertarik.
a.
Alat
dan Bahan
1)
Alat
a)
Gergaji
b)
Lem
c)
Palu
d)
Double
tip
e)
Board
marker
f)
Amplas
2)
Bahan
a)
Papan
kayu berukuran 50 x 50 x 2 cm
b)
Lempeng
kayu dengan ukuran 48 x 2 x 2 cm (2 buah)
c)
Lempeng
kayu dengan ukuran 40 x 2 x 2 cm (2 buah)
d)
Paku
e)
Lis
pelindung kabel sepanjang 330 cm
f)
Meteran
(bahan yang cukup lentur) sepanjang 440 cm
g)
Benang
nilon dengan dua warna berbeda @ 50 cm
h)
Kertas
folio
i)
Kertas
mika
b.
Langkah-Langkah
Pembuatan
1)
Tempelkan
lempeng kayu (sebagaimana gambar) dengan menggunakan lem dan paku.
2)
Lubangi
papan kayu pada bagian tepat di atas lempeng kayu horisontal (yang atas)
sepanjang 30 cm dengan lebar 2 mm.
3)
Pasang
paku-paku dengan jarak sama antara satu dengan yang lainnya.
4)
Potong-potong
lis pelindung kabel (bagian belakang) sepanjang 30 cm. Kemudian tempelkan pada
ruang diantara baris paku vertikal.
5)
Potong
meteran (bahan elastis namun solid) menjadi masing-masing 40 cm. Kemudian
masukkan pada lubang yang telah dibuat berimpit dengan lis pelindung kabel yang
telah terpasang.
6)
Lipat
bagian ujung meteran (bahan elastis namun solid) yang menjulur kebelakang, ke
atas kemudian tahan dengan menempelkan lis pelindung kabel (bagian depan) yang
telah dipotong sebelumnya masing-masing sepanjang 30 cm.
7)
Lengkapi
chart title dan axis title dengan menggunakan kertas folio yang
telah dipotong sepanjang ruang yang tersedia dan dilindungi mika (laminating).
Kemudian tulis chart title dan axis title dengan menggunakan
board marker agar mudah diganti jika ingin digunakan untuk data yang lain.
2. Penggunaan Alat Peraga
a.
Indikator
1)
Menyajikan
data dalam bentuk diagram batang
2)
Menyajikan
data dalam bentuk diagram garis
3)
Mengidentifikasi
data yang tersaji dalam bentuk diagram batang
4)
Mengidentifikasi
data yang tersaji dalam bentuk diagram garis
b.
Prasyarat
Penggunaan
1)
Peserta
didik telah mengetahui macam-macam data ditinjau menurut sifatnya.
2)
Peserta
didik telah mengetahui macam-macam bentuk data sajian (tabel, diagram batang,
dan diagram garis)
3)
Peserta
didik mampu membaca data sajian dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram
garis.
c.
Langkah-Langkah
Penggunaan
1)
Tentukan
chart title (judul diagram) dengan menuliskannya pada ruang yang telah
disediakan.
2)
Tentukan
axis title (baik horisontal maupun vertikal) dengan menuliskannya pada
ruang yang telah disediakan.
3)
Untuk
penggunaan diagram batang, tarik (keatas) atau masukkan (kedalam) meteran
(bahan elastis namun solid) hingga menunjukkan range angka yang
diinginkan. Sesuaikan antara horizontal axis title dengan vertical
axis title.
4)
Untuk
penggunaan diagram garis, kaitkan benang nilon pada paku-paku yang digunakan
sebagai titik koordinat yang menyatakan nilai masing-masing bagian data sajian
sedemikian sehingga menunjukkan suatu data sajian dalam bentuk diagram garis.
Diposkan : Aisa Nur Endahwati
Sumber : Internet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar